Kamis, 25 Juni 2009

Buat Lilin Serbaguna

Seringkali dalam kegiatan di alam terbuka seperti camping, pendakian membuat kita harus mendirikan tenda ato shelter sederhana sebagai tempat beristirahat, namun seringkali juga kita lupa untuk membawa lampu ato penerangan dalam tenda. Sehingga kadangkala saat malam kita terbangun dari hangatnya sleeping bag karena terkena HIV (Hasrat Ingin Vivis= kencing), kita menginjak ato terjatuh menabrak tubuh rekan kita yang tidur....... (Bagi yang merasa angkat tangan ya.... Hehehe....). Hal ini terjadi karena gak adanya penerangan dalam tenda.

Sering juga kita bawa lilin namun belum seberapa sudah mati, lilinnya habis meleleh....
Pengennya sih beli lilin yang ada dicounter adventure shop yang bisa tahan lama, multifungsi & praktis... tapi harganya agak berat di kantong.

Oleh karena itu, kali ini Divisi Kreatif ANDEX akan membuat kreasi membuat Lilin seperti yang ada di adventure shop dengan biaya terjamin murah meriah coy.....!!

Bahan yang diperlukan :
1. Lilin pastinya
2. Kaleng pipih dengan tutupnya
3. Kaleng bekas cat ato lainnya untuk melelehkan lilin
4. Korek api.
5. Double tape ato lem.
6. Secangkir kopi/Coklat hangat.... (Uenak Tenan Coy..!!!)


Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memotong lilin kecil-kecil namun tidak sampai memotong sumbunya, karena sumbunya nanti akan dipakai lagi. Sumbu dari lilin yang sudah kita potong tadi kita rekatkan ke dasar kaleng pipih, rekatkan 2-3 sumbu sejajar dan tidak terlalu dekat. Usahakan untuk bisa berdiri tegak. Potongan lilin ini akan kita lelehkan sebagai pengisi dalam kaleng pipih. Dan pada tutup kaleng pipih ini kita rekatkan korek api, khan gak lucu kalau kita punya penerangan yang gak bisa kita nyalain gara-gara lupa tidak bawa korek api.
(Source : Pengalaman pribadi, membawa logistik yang mewah, sarden, coklat, dll yang gak bisa dimasak gara-gara lupa tidak membawa korek api.... Hehehe).

Setelah siap, lelehkan potongan lilin yang telah kita potong tadi di kaleng besar hingga mencair semuanya dan tuangkan ke dalam kaleng pipih. Usahakan ujung sumbu yng kita rekatkan tidak terbenam terkena lilin cair. Biar lebih cepat kering dan membeku sempurna bisa kita dinginkan dengan cara dimasukkan kedalam kulkas. Setelah membeku/mengeras, rapikan sumbu dengan memotong ujungnya sama.


Kreasi lilin kita siap diajak berpetualang dimanapun. Bila tidak terpakai, tinggal tutup dan masukkan kembali kedalam ransel kita. Enaknya lagi bila suatu saat kita berada pada kondisi bahan bakar masak kita habis,lilin ini bisa kita jadikan alternatif pengganti kompor.
Selamat Mencoba!!!!

1 komentar:

  1. bagussss.. ternyata ! ak kusangka tak ku kira .. punya bakat terpendam ..

    salam pramuka!!

    BalasHapus